hut ri ke 70, hut ri 2015, hut ri ke 70 logo, hari kemerdekaan indonesia 17 agustus 2015, logo hut ri ke 70

Pengertian dan Cara Kerja VPN

Pengertian dan Cara Kerja VPN |  Bagi anda pengguna trik internet gratis pasti tidak asing lagi dengan kata VPN, namun bagi mereka yang belum mengetahuinya tentu menimbulkan rasa penasaran yang teramat sangat apa lagi VPN sering dikaitkan dengan yang namanya internet gratis. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu sebenarnya VPN dan bagaimana cara kerjanya. Oke! tampa perlu basa-basi lagi kita langsung saja ke topik utama.

VPN


VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, yaitu sebuah koneksi pribadi/ rahasia yang melalui jaringan publik (dalam hal ini internet). Disini ada 2 kata yang dapat kita garis bawahi yaitu:


  • Virtual Network: jaringan yang hanya bersifat virtual. Tidak ada koneksi jaringan secara real antara 2 titik yang akan berhubungan.
  • Private: jaringan yang bersifat pribadi/ khusus dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan terenkripsi sehingga tetap rahasia meskipun melalui jaringan publik.

Dengan VPN ini kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut dengan tunnel (terowongan). Tunneling adalah suatu cara membuat jalur private dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada, yaitu: PPTP, L2TP dan Internet Protocol Security (biasa disingkat IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi.

Dibawah ini adalah gambaran tentang koneksi VPN yang menggunakan protokol PPTP. PPTP (Pont-to-Point Tunneling Protocol) adalah sebuah protokol yang mengizinkan hubungan Point-to-Point Protocol (PPP) melewati jaringan IP, dengan membuat Virtual Private Network (VPN).

Virtual Private Network

Berdasarkan gambar diatas maka cara kerja VPN (dengan protokol PPTP) adalah sebagai berikut:

  • VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC. Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router, misalnya Mikrotik RB 750.
  • Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password lalu apabila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi/ tunnel akan terbentuk.
  • Kemudian komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, browsing dan lain sebagainya.

Kelebihan VPN:

  • Remote Access, dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet
  • Keamanan, dengan koneksi VPN kita bisa berselancar dengan aman ketika menggunakan akses jaringan publik seperti hotspot atau internet cafe.
  • Menghemat biaya setup jaringan, VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan publik yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.

Kekurangan VPN:

  • Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita hanya "menumpang" koneksi pada jaringan pihak lain, sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.
  • Perhatian lebih terhadap keamanan. Lagi-lagi karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN.

Demikian artikel tentang pengertian VPN, cara keja VPN, kelebihan dan kekurangan VPN. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan anda tentang ilmu komputer dan Internet.


Subscribe to receive daily freebies, updates and Special offers straight into your inbox.

Your Email is safe with us - No spam, we promise